Review Komik Yesus dan Aku

Review Komik Yesus & Aku Karya Kurnia Harta Winata

Kagum dengan komik singkat tentang toleransi beragama karya kak Kurnia Harta Winata yang ternyata telah banyak menerbitkan buku ini, saya akhirnya memesan sebuah buku komik yang ia buat dan cetak sendiri. Yang menarik adalah komik ini bertemakan Yesus Kristus.

Yesus & Aku

Dikirim dari kota asal kak Kurnia yaitu Yogyakarta, komik yang saya pesan ini sampai di Bogor hanya dalam waktu 3 hari saja. Bukunya terbungkus dengan rapi dan sudah terlapis plastik didalamnya. Sebanyak 128 halaman, komik ini ga tipis-tipis amat koq, hanya menurut saya sih kurang, kurang banyak, hehe…

Cover Komik Yesus dan Aku Karya Kurnia Harta Winata
Cover Komik Yesus dan Aku Karya Kurnia Harta Winata
Sumber Gambar : facebook.com/kurniahartawinata

Cover depannya saya suka banget, tokoh Yesus digambarkan sangat keren dan berwibawa. Yesus digambarkan seolah-olah menggenggam tangan kita seraya mengajak kita untuk…. disalib?? Ini beneran kak Kurnia maksudnya kita diajak disalib bersama Yesus? 😋

Tampilan dalam komiknya saya suka sekali karena tulisannya besar-besar sehingga nyaman untuk dibaca. Gambarnya tegas, detail dan berkarakter. Terlihat bahwa komik ini dibuat ga asal-asalan.

Isi Cerita

Komik ini bercerita tentang tokoh Aku, sosok pemuda yang tidak pernah ke gereja. Suatu hari ia didatangi oleh tokoh Yesus yang menyelinap seperti pencuri ke dalam rumahnya. Dirumahnya ia belajar banyak dari Yesus melalui keseharian bersamaNya.

Terdapat 11 judul cerita dimana beberapa diantaranya mengisahkan mukjizat dan sabda-sabda Yesus yang sering kita dengar di gereja. Semuanya itu dibalut dengan sentilan-sentilan ide dari penulis yang menjadikan cerita tersebut unik dan memiliki maknanya sendiri.

Beberapa cerita sepertinya ingin “menyentil” kita yang terlalu berharap akan datangnya mukjizat dari Yesus. Dalam komiknya, kak Kurnia bahkan memberi contoh dimana tokoh Aku meminta mukjizat kepada tokoh Yesus agar disembuhkan dari sakit flunya. Yang kemudian di “hina” oleh tokoh Yesus dengan memberikan obat parasetamol. Sebuah sentilan bagi kita yang terlalu manja akan datangnya mukjizat dari Yesus untuk perkara-perkara kecil yang sebenarnya bisa kita selesaikan sendiri.

Beberapa cerita membuat saya tertawa sendiri, cerita lainnya mengajak saya untuk lebih bijaksana dan di lain cerita mengajak saya untuk introspeksi diri. Saya sangat menikmati komik ini.

Belajar Bijaksana dari Cerita Jarum Untuk Unta
Belajar Bijaksana dari Cerita Jarum Untuk Unta
Sumber Gambar : instagram.com/kurniaharta

Yang Paling Berkesan

Cerita yang paling berkesan bagi saya mungkin dibagian Tuan Yang Maha Hina. Disana ditunjukkan bagaimana Yesus merendahkan diri serendah-rendahnya dihadapan tokoh Aku. Bahkan tokoh Yesus rela dipanggil “Sus” untuk menunjukkan kerendahan hatiNya. Menjadi sebuah cambukan bagi kita yang terkadang menyombongkan diri akan sesuatu yang kita punya di dunia ini. Sebegitu rendahnya Ia, yang Maha Kuasa, merendahkan diri, pantaskah kita ini untuk menyombongkan diri?

Tuan Yang Maha Hina dari Komik Yesus dan Aku
Tuan Yang Maha Hina dari Komik Yesus dan Aku
Sumber Gambar : facebook.com/kurniahartawinata

Cerita-cerita lainnya juga tak kalah berkesan dan tentu saja membuat saya berpikir apa makna yang ingin kak Kunia sampaikan kepada pembacanya. Mungkin jika dibahas maka setiap orang akan memiliki persepsi yang berbeda-beda.

Terima Kasih Kak Kurnia

Walaupun nama kak Kurnia Harta Winata belum ada di dalam list orang-orang terkenal di Wikipedia (mudah-mudahan segera masuk ya kak) namun saya sangat senang dengan keseluruhan isi dari komik Yesus dan Aku ini. Kak Kurnia sangat berani dalam mengkritik kita yang mengikuti jalan Yesus. Tujuannya tentu saja agar kita dapat introspeksi diri sehingga bisa menjadi pengikut Yesus yang lebih baik lagi.

Kurnia Harta Winata
Kurnia Harta Winata
Sumber Gambar : merdeka.com

Pasti tidak sedikit cacian yang diterima oleh kak Kurnia dari karyanya ini. Padahal karyanya ini menunjukkan bahwa ia sangat perhatian kepada kita. Saya senang ada orang seperti kak Kurnia yang berani menegur kita yang sombong dan tidak peka ini. Terima kasih kak Kurnia dan teruslah berkarya! Saya preorder komik Yesus dan Aku jilid duanya ya, kak!

Oia hampir lupa, jika kamu berniat untuk membeli buku ini, langsung saja kunjungi toko online kak Kurnia disini dan juga cek Instagramnya ya! 👍👍👍



Jangan biarkan rantai informasi ini terputus ditangan anda, sebarkan apabila anda rasa layak untuk disebarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *