Toleransi Beragama Ala Kurnia Harta Winata

Toleransi Beragama Ala Kurnia Harta Winata

Minggu yang lalu, 13 Januari 2019 sempat heboh pemberitaan tentang sekelompok orang yang menerobos masuk dan berupaya menghentikan peribadatan di sebuah rumah tinggal milik Pendeta Jan Fransman Saragih. Rumah tinggal tersebut oleh umat Kristiani Gereja Bethel Indonesia jemaat Filadelfia, Medan, dijadikan tempat untuk beribadat.

Keributan Pelarangan Beribadat di Gereja Bethel Indonesia
Keributan Pelarangan Beribadat Oleh Sekelompok Warga di Gereja Bethel Indonesia
Sumber Gambar Instagram : @sahabatkatolik

Rumah tinggal milik Pendeta Jan Fransman Saragih tersebut sebenarnya sudah mengajukan perizinannya untuk menjadi gereja. Proses perizinannya memakan waktu karena terhalang hari libur Natal dan tahun baru sehingga ada beberapa badan pemerintahan yang sulit dijumpai.

Para warga sekitar yang resah dengan adanya kegiatan ibadah kebaktian di tempat yang belum mengantongi surat perizinan tersebut melakukan tindakan yang sebenarnya menurut saya sangat tidak dewasa.

Video Keributan di Gereja Bethel Indonesia pada Tanggal 13 Januari 2019
Sumber Video Instagram : @sahabatkatolik

Saya sih sangat menyayangkan sikap para warga disana dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi oleh para umat Gereja Bethel Indonesia. Tentunya bisa kita bayangkan apabila kita sedang beribadat kemudian digeledah secara anarkis (bisa kali ya dibilang anarkis) dan dilarang untuk beribadat. Kan semuanya bisa dibicarakan secara baik-baik setelah peribadatan selesai. Sedih banget melihat sikap mereka ini.

Ketika suasana begitu panas terjadi antara 2 kubu yang bahkan panasnya sampai ke media sosial, saya begitu terinspirasi dengan sebuah ilustrasi komik singkat karya Kurnia Harta Winata. Sebuah ilustrasi yang menggugah hati saya tentang terciptanya toleransi beragama. Mari kita simak komiknya dibawah ini:

Komik Karya Kurnia Harta Winata Tentang Perizinan Tempat Beribadat
Komik Karya Kurnia Harta Winata Tentang Perizinan Tempat Beribadat
Sumber Gambar Instagram : @kurniaharta

Sebuah karya yang menurut saya menunjukkan sebuah sikap kedewasaan dan kebijaksanaan yang seharusnya menjadi contoh bagi kita dalam hidup beragama. Bayangkan apabila toleransi beragama di Indonesia dapat terjadi seperti karya Kak Kurnia ini. Sangat indah, bukan?

Karya singkat Kak Kurnia ini juga sebagai pecutan bagi kita yang suka menyebarkan kabar-kabar yang malah memicu keadaan semakin panas. Mari kita berhenti menyebarkan hal-hal yang malah membuat keadaan semakin buruk. Sebarkan hanya hal-hal baik dan positif seperti yang sudah dicontohkan oleh Kak Kurnia ini.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi karya-karya hebat lainnya dari Kurnia Harta Winata ini bisa langsung berkunjung ke Instagramnya di:

instagram logo Instagram Kurnia Harta Winata

Update tentang Kurnia Harta Winata : Baru sadar ternyata Koel, karakter komik karya Kak Kurnia ini sering tampil di majalah Intisari loh,hehe

Update terakhir bagi saudara kita di Medan sana adalah mereka dapat beribadat kembali setelah izin gereja tersebut selesai. Yuk mari kita doakan saudara-saudara kita disana semoga segalanya dapat berjalan dengan lancar dan toleransi antar umat beragama dapat terjalin baik kembali.

Tuhan Yesus memberkati.



Jangan biarkan rantai informasi ini terputus ditangan anda, sebarkan apabila anda rasa layak untuk disebarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *