6 Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mengikuti Yesus

6 Fakta Mengikuti Yesus

Mengikuti Yesus itu ternyata bukan untuk semua orang dan mungkin bisa jadi kamu salah satunya. Faktanya banyak loh yang sudah berjalan bersama Yesus kemudian merasa kecewa ditengah-tengah kemudian meninggalkan Yesus. Nah sebelum menjadi kekecewaan yang besar nantinya maka lebih baik dari sekarang kamu tahu kebenaran dari mengikuti Yesus.

Inilah 6 fakta yang perlu kamu ketahui tentang mengikuti Yesus.

Fakta #1 Yesus Datang Membawa Pedang, Bukan Damai

Yesus Datang Membawa Pedang Bukan Damai
Yesus Datang Membawa Pedang Bukan Damai
Gambar Diolah Dari : freepik.com

Merasa dijauhi dan banyak celaan dari teman dan keluargamu ketika kamu mulai “sedikit rajin” mengikuti Yesus? Wajar… karena Yesus datang ke dunia ini bukan membawa damai, melainkan pedang.

Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

Matius 10:34

Ketika Tuhan Yesus datang ke dunia ini, ia telah dibenci oleh dunia, begitu pula dengan mereka yang mengikuti Yesus. Dunia membenci Tuhan Yesus karena Ia membawa kebenaran dan kebaikan. Dunia membenci hal itu.

Dunia sudah nyaman dengan hal-hal buruk yang bersifat duniawi sehingga siapapun akan dibenci ketika ada yang mengusik kenyamanan mereka.

Bersiap-siaplah bagi kita yang mengikuti Tuhan Yesus karena kita pun akan dibenci dan dimusuhi oleh dunia ini. Banyak yang tidak menyukai kebaikan dan kebenaran yang kita bawa. Pepecahan mungkin akan terjadi bahkan diatara anggota keluarga kita.

Yesus memang datang membawa pedang namun bukan berarti kita bisa mengayunkannya sembarangan. Justru Tuhan Yesus selalu mengajarkan kepada kita untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan kasih dan damai, tanpa menggunakan kekerasan.

Fakta #2 Mengikuti Yesus Berarti Harus Menyangkal Diri dan Memikul Salib

Menyangkal Diri dan Memikul Salib
Menyangkal Diri dan Memikul Salib
Gambar Diolah Dari : freepik.com

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”

Matius 16:24

Saya pernah menyangka memikul salib itu berarti kita harus hidup menderita atau hidup dalam kesusahan. Ternyata bukan itu arti dari memikul salib.

Memikul Salib itu berarti menolak hidup dalam kedagingan yaitu hal-hal yang bersifat duniawi. Emosi, sirik, iri hati, dengki, sombong, hawa nafsu, keegoisan adalah hal-hal yang bersifat kedagingan. Hiduplah menurut roh(damai, suka cita, kasih, pengampunan) dan jauhilah hidup menurut daging.

Sedangkan menyangkal diri berarti kamu berani berkata tidak untuk kepentingan diri sendiri. Contoh menyangkal diri yang sederhana adalah ketika di waktu yang bersamaan, kamu lebih memilih membantu orang tuamu dibandingkan menonton serial tv kesukaanmu.

Fakta #3 Tugas Utama Mengikuti Yesus Adalah Menjadi Pelayan

Siapa sih yang kepingin menjadi seorang pelayan? Saya rasa tak seorang pun yang mau, bukan? Namun faktanya Tuhan Yesus menghabiskan hidupNya dengan melayani sesama. Mengikuti teladanNya merupakan tugas yang perlu kita lanjutkan.

Tuhan Yesus menghabiskan hidupNya dengan melayani sesama
Gambar Diolah Dari : bookofmormoncentral.org

Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.

Lukas 22:27

Banyak cara untuk melayani. Kita dapat melayani mereka yang membutuhkan baik secara ekonomi, sosial, jasmani maupun rohani. Percayalah bawah setiap pribadi dari kita telah dibekali talenta yang berbeda-beda oleh Tuhan. Tugas kita adalah mengembangkan talenta tersebut dan memberikannya kepada mereka yang membutuhkan.

Melayani sesama juga berarti melayani Tuhan jadi tidak perlu mengharapkan balas jasa atau piagam penghargaan yaa.

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Matius 25:40

Fakta #4 Mengikuti Yesus Berarti Siap Melawan Hukum

Peraturan dan hukum dibuat untuk tujuan baik namun sering disalahgunakan oleh manusia itu sendiri. Contohnya adalah peraturan tentang hari Sabat yang disalahgunakan oleh ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi.

Ketika itu hari Sabat ada untuk tujuan baik yaitu agar manusia bisa beristirahat dan beribadah kepada Tuhan. Namun kemudian peraturan di hari Sabat disalahgunakan untuk menjebak Yesus. Yesus dilarang oleh ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi untuk menyembuhkan dan melakukan mukjizatNya di hari Sabat.

Disini Yesus bukan mau mengajarkan kepada kita untuk menjadi seorang kriminal. Yesus ingin mengajarkan kepada kita untuk mengutamakan yang benar diatas hukum dan peraturan yang ada.

“Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?” Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: “Ulurkanlah tanganmu!” Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.

Lukas 6:6-10

Yesus Menyembuhkan Orang Sakit di Hari Sabat
Gambar Diolah Dari : lds.org

Faktanya apa yang dilakukan Yesus merupakan sesuatu yang benar namun tidak bagi mereka yang taat peraturan, adat istiadat dan hukum. Mampukah kita melawan peraturan demi sesuatu yang benar?

Fakta #5 Mengikuti Yesus Itu Jangan Karena Ingin Memperoleh Berkat, Kesembuhan atau Kekayaan

Kamu pasti ingat dengan mukjizat yang Yesus perbuat ketika Ia memberi makan lebih dari 5000 orang hanya dengan 5 roti dan 2 ikan. Apakah kamu tahu akhir dari peristiwa mukjizat Yesus itu? Benar… mereka semua kenyang 🙂

Bukan… bukan itu sebenarnya inti dari peristiwa Yesus tersebut. Setelah Tuhan Yesus selesai memberi makan banyak orang, Ia pergi meninggalkan mereka karena Ia tahu bahwa mereka hendak membawaNya dengan paksa untuk dijadikan raja. Orang banyak itu kemudian mencari dan mengejar Yesus sampai ke seberang danau. Yesus yang tahu maksud mereka pun berkata :

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.”

Yohanes 6:2
Kamu Datang PadaKu Bukan Karena Percaya Tapi Karena Menginginkan Berkat
Gambar Diolah Dari : karangpanas.org

Faktanya tidak sedikit dari kita yang mengikuti Tuhan Yesus karena menginginkan kesembuhan atau memiliki kekayaan. Jika kamu salah satunya, lebih baik berpikir ulang untuk mengikuti Yesus.

Kenapa? Karena kamu akan merasa kecewa. Bilamana kamu tak kunjung mendapat kesembuhan atau tiba-tiba kamu jatuh miskin? Masihkah kamu percaya dan mengikuti Yesus?

Mengikuti Yesus itu jangan karena kamu menginginkan berkat namun ikutilah Ia karena kamu percaya.

Fakta #6 Mengikuti Yesus Berarti Doa Permohonanmu Tidak Akan DikabulkanNya

Berdoa Merupakan Berkat dan Hak Istimewa
Gambar Diolah Dari : freepik.com

Banyak dari kita yang meninggalkan Tuhan Yesus karena fakta terakhir ini.

Doa merupakan suatu berkat, sebuah hak istimewa bagi kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Doa bisa berisi ucapan syukur, pujian kepada Tuhan, keluh kesah dan tentu saja berisi permohonan kita kepada Tuhan.

Namun dengan mengikuti Yesus berarti semua doa permohonanmu tidak akan pernah dikabulkanNya apabila itu bukan yang terbaik bagimu.

Renungkanlah perkataan Yesus dari Injil Matius berikut ini tentang Hal Pengabulan Doa :

“Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Matius 7:9-11

Kita ini seperti anak kecil yang berjalan bersama Ayahnya dipasar. Dalam perjalanannya anak kecil itu pun merasa lapar dan mulai meminta sesuatu kepada Ayahnya.

“Ayah aku mau yang itu”, sambil menunjuk sol sepatu yang terlihat enak untuk dimakan. “Ayah aku lapar sekali, aku mau yang itu”, sambil merengek anak itu menunjuk ikan mati yang belum masak.

Tapi apa yang Ayahnya katakan kepada anak itu?

“Sabar ya nak, nanti ayah berikan yang lebih baik lagi”.

Namun reaksi anak itu merengek dan marah ketika tidak dibelikan apa yang ia inginkan. Bukankah seperti itu sikap kita ketika permohonan kita tidak dikabulkanNya?

My Lifeguard Walks On Water
My Lifeguard Walks On Water
Sumber Gambar : pinterest.com

Tuhan tahu yang terbaik untuk kita namun kita terlalu sibuk dengan permohonan kecil kita sehingga menutup diri dari apa yang ingin Tuhan katakan kepada kita.

Bahkan karena banyaknya permohonan yang tidak dikabulkan, kita kabur dariNya, lari karena sedih dan pergi meninggalkanNya.

Sebelum kita terlalu jauh lari dariNya, kembalilah, berjalan bersamaNya dan bijaklah dalam meminta.

Jangan Ragu Untuk Mengikuti Yesus

Sekian 6 fakta mengikuti Yesus menurut versi saya. Kira-kira fakta mana nih yang cukup mengena kepadamu? Mudah-mudahan sharing saya ini bisa membuat kita semakin dekat dengan Tuhan Yesus. Jika ada yang ingin menambahkan dan berbagi cerita, bisa ditulis di kolom komentar. Terima kasih.

Tuhan Yesus Memberkati.



Jangan biarkan rantai informasi ini terputus ditangan anda, sebarkan apabila anda rasa layak untuk disebarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *