Berdamailah Dengan Dirimu Sendiri

Berdamailah Dengan Dirimu Sendiri

Sore menjelang malam, orang-orang di rumah terbiasa menghabiskan waktu bersama dengan menonton serial drama Korea. Saya termasuk salah satu korban yang “mengikuti ritual” ini, yah lumayan juga sih, haha…

Drakor terakhir yang saya tonton cukup menarik perhatian saya karena banyak pesan moral yang bisa kita ambil didalamnya. Drama bergendre Romace tersebut adalah My ID is Gangnam Beauty.

Penyampaian pesannya terbungkus halus dan bisa dinikmati sebagai sebuah suguhan hiburan yang menyenangkan.

Drama yang diangkat dari serial webtoon I Am Gangnam Beauty ini menceritakan tentang kehidupan seorang mahasiswi Korea bernama Kang Mi Rae yang menjalani operasi plastik terhadap wajahnya yang dianggap kurang menarik oleh lawan jenis dan dirinya sendiri.

Beda Budaya Beda Pandangan

Di Korea sendiri operasi plastik sudah bukan hal baru atau tabu untuk sebagian besar masyarakatnya. Banyak warga Korea yang mengakui telah menjalani operasi plastik namun tidak semua dari mereka setuju loh dengan operasi plastik.

Drama Korea My ID is Gangnam Beauty
Drama Korea My ID is Gangnam Beauty yang Bercerita Tentang Kehidupan Mahasiswi Pasca Melakukan Operasi Plastik Terhadap Wajahnya.
Sumber Gambar : asiawiki.com
Wajah Kang Mi Rae Sebelum dioperasi Plastik di My ID is Gangnam Beauty
Wajah Tokoh Utama Sebelum dioperasi Plastik di Webtoonnya.

Kontroversi terhadap operasi plastik ditampilkan dalam film ini. Kita diajak memahami alasan orang-orang yang melakukan operasi plastik. Kita juga dibawa untuk melihat mereka yang membully orang-orang yang melakukan operasi plastik.

Bagi orang Korea, operasi plastik sangat penting karena akan mempermudah pergaulan dan mendapat pekerjaan.

Semua ini karena cara pandang masyarakatnya yang menomorsatukan fisik dan wajah seseorang dibanding keterampilan yang dimilikinya. Oleh karenanya mau tidak mau untuk bertahan hidup di Korea, mereka harus mengupayakan segala cara termasuk melakukan operasi plastik.

Kurang Berbesar Hati

Berbesar Hati
Berbesar Hati
Sumber Gambar : freepik.com

Awal mula berkembangnya operasi plastik di Korea disebabkan oleh kekurang PD-an terhadap diri mereka sendiri. Orang Korea mengganggap mereka terlahir tidak cantik atau tampan. Sehingga mereka berusaha terlihat lebih cantik dan tampan melalui operasi plastik.

Pastinya kita juga pernah merasa kurang PD dengan penampilan kita, kan? Entah dari wajah, tinggi badan atau berat badan kita.  Saya pun pernah mengalaminya.

Saat itu hati saya belum besar dan belum bisa mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada saya. Saya dan keluarga juga belum mengenal Tuhan sehingga tidak ada respon positif.

Hal sepele itu cukup mengganggu saya sampai suatu saat saya mendengar sendiri penggalan Injil Tuhan di gereja.

Janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun.

(Matius 5:36)

Walaupun dengan teknologi sekarang ini memungkinkan untuk memutihkan atau menghitamkan rambut namun kita tidak punya kuasa atas sehelai rambut pun yang ada pada kita karena semua itu milik Tuhan.

Tuhanlah yang memberi, Tuhan jugalah yang berhak mengambil.

Kita ini terlahir unik dan spesial, berbeda satu sama lain, dengan kelebihannya masing-masing. Semua merupakan karunia dari Tuhan dan tidak seorangpun berhak untuk membanding-bandingkannya dengan orang lain. Dengan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain itu artinya kita telah menghina karya Tuhan.

Dari situlah saya mulai berbesar hati dan mensyukuri atas segala hal yang telah diberikan oleh Tuhan. Dari situ jugalah saya menyadari bahwa agama itu penting.

Kata Mutiara dari Nick Vujucic
Kata Mutiara dari Nick Vujicic yang terlahir tanpa tangan dan kaki.
Sumber Gambar : hustlelife.in
Baca Juga : Sedang Berputus Asa? Kenalan Dulu Yuk Dengan Nick Vujicic 

Jadi bagi kamu yang masih kurang percaya diri dengan fisik kamu, mulai sekarang berhenti menyalahkan diri sendiri, berhenti menyakiti tubuh sendiri, berdamailah dengan mereka.

Jangan Lupa Mengambil Pesan Moralnya

Cintailah Dirimu Sendiri
Cintailah Dirimu Sendiri
Sumber Gambar : freepik.com

Drama yang mengangkat tema tentang perubahan gaya hidup yang disebabkan oleh masyarakat sekitarnya tentu menjadi suatu bahan cerita yang sangat menarik.

Semoga tidak hanya dijadikan hiburan semata saja namun pesan moral yang diberikan di drama ini dapat kita diambil juga.
Tuhan Memberkati kita semua.



Jangan biarkan rantai informasi ini terputus ditangan anda, sebarkan apabila anda rasa layak untuk disebarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *