Waktumu Terlalu Berharga Untuk Berpikir Negatif

stay positive - gembala masa kini

Apa yang terbesit dalam pikiranmu ketika disaat sedang komuni, kamu melihat orang didepanmu membawa kabur hosti yang seharusnya ia makan? Jika kamu langsung berpikir negatif maka ada baiknya kamu membaca artikel kali ini.

Saya Adalah Orang yang Berpikir Negatif

Saya dulu adalah orang yang selalu berpikiran negatif terhadap segala sesuatu. Apapun itu pasti pikiran negatif yang keluar terlebih dahulu. Contoh sederhananya adalah ketika saya terlambat datang ke sekolah, yang jadi pikiran pertama adalah menyalahkan angkot yang mengetem terlalu lama atau menyalahkan jalanan yang macet padahal semua itu adalah kesalahan saya yang bangunnya kesiangan.

Pikiran negatif seperti ini mulai memudar ketika teman kuliah saya yang bernama Irwan membuka pikiran saya yang sempit ini.

Suara-Suara Negatif di Pikiran Kita
Sumber Gambar : https://cdn.davidwolfe.com

Teman yang Membuka Pikiran Sempit Saya

Ketika itu saya masih kuliah dan saya senang sekali bermain game online di komputer. Keluarganya Irwan ini memiliki usaha warnet dan dia mengajak saya untuk bermain di warnetnya. Sesampainya di warnet, ada teriakan wanita marah-marah disana. Teriakannya luar biasa keras dan tidak ada orang yang matanya tidak tertuju pada wanita tersebut. Secara otomatis saya langsung men-judge wanita itu dan berkata ke Irwan:

“Wah gilak galak amat, ga kira-kira marahnya”. Dengan ketawanya yang khas, Irwan langsung berkata seperti ini, “segala sesuatu pasti ada penyebabnya, kenapa sampai dia begitu pasti ada sesuatu, kita ga boleh langsung menghakimi”.

Ok… itu kalimat yang sangat keren menurut saya dikala itu. Sejak itulah saya mulai belajar mengendalikan pikiran negatif yang muncul dalam kepala saya. Jujur mengendalikan pikiran negatif tidak mudah, sampai sekarang pun saya masih terus belajar mengendalikannya.

Tidak Ada Ruginya

Kenapa sih harus berpikiran positif? Memang ada untungnya? Banyak sekali sumber yang mengatakan bahwa berpikiran positif membawa segudang manfaat.

Namun diluar segudang manfaat tersebut, saya meyakini bahwa berpikir positif itu tidak ada ruginya jadi kenapa saya tidak memulai segala sesuatu dengan selalu berpikir positif. Toh…dengan berpikir negatif juga tidak akan mengubah apapun, segala sesuatu yang telah terjadi harus tetap dijalani dan kenapa tidak kita menjalaninya dengan sikap positif.

Positive People vs. Negatif People
Sumber Gambar : https://www.youthmanual.com

Yesus dan Perempuan yang Berzinah

Tuhan Yesus memberikan contoh kepada kita bagaimana bertindak secara positif, salah satunya ketika ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah (Yohanes 8:2-11).

Saat mereka mendesakNya untuk melempari perempuan itu dengan batu, dengan sikap tenang dan respon positifNya, Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah kemudian berkata :

“Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu,”

Tuhan Yesus merespon secara positif dan menunjukkan kebijaksanaNya dalam menangapi keadaan kacau saat itu.

Yesus dan Perempuan yang Berzinah
Sumber Gambar : https://luxveritatis7.wordpress.com

Bagaimana memulainya?

Mulailah berpikir positif dari hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti ketika ada anak muda yang menyerobot kamu di gereja dengan kasar, daripada berteriak di depan semua orang, responlah seperti ini; “mungkin dia sedang terburu-buru mencari tempat duduk kosong untuk orang tuanya yang sulit berjalan”.

Ketika ada yang menyalip kendaraan kamu dengan sangat kasar, responlah dalam hati kamu; “mungkin dia sedang terburu-buru mengantar seseorang yang sakit didalam mobilnya”.

Ketika ada yang mengklakson kendaraan kamu dengan kasar, responlah seperti ini; “jangan geer, mungkin dia mengklakson temannya yang ada di seberang, hehehe”.

Ketika disaat sedang komuni, kamu melihat orang didepanmu membawa kabur hosti, responlah dengan berpikir seperti ini:  “mungkin dia ingin membawa hosti itu kepada orang tuanya yang sedang sakit, dia mungkin saja tidak tahu bahwa hosti itu harus langsung dimakan”, kemudian tegurlah orang tersebut dengan sopan dan jelaskan kepadanya.

Jadi… sudah siapkah kamu untuk berpikir positif hari ini?

Stay Positive and Keep Smile
Sumber Gambar : http://2.bp.blogspot.com


Jangan biarkan rantai informasi ini terputus ditangan anda, sebarkan apabila anda rasa layak untuk disebarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *